Indikator dan Perwujudan Perilaku Kerja BERAKHLAK
Nilai-nilai dasar ASN yaitu BerAKHLAK, merupakan akronim dari “Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.”
Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Sedangkan #banggamelayanibangsa merupakan Employer Branding ASN jaman now yang melayani sepenuh hati.
Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”
Panduan Perilaku Core Values ASN BerAKHLAK sebagai berikut:
Berikut ini, Indikator dan Perwujudan Perilaku Kerja BERAKHLAK:
- BERorientasi Pelayanan
Indikator Perilaku:
1.1 Memahami kebutuhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
Perwujudan Perilaku:
1.1.1 Mengidentifikasi kebutuhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara proaktif
1.1.2 Memenuhi kebutuhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara responsif
1.1.3 Melayani guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan aspirasi dan/atau keluhan yang diterima
1.1.4 Menyelesaikan keluhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan komunikasi persuasif
Indikator Perilaku
1.2 Bersifat ramah kepada peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja tanpa membeda-bedakan, cekatan dalam bekerja, solutif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran, dan dapat diandalkan
Perwujudan Perilaku
1.2.1 Menuntaskan semua pekerjaan
1.2.2 Mengucapkan salam dan sapa dengan sikap ramah
1.2.3 Mengkomunikasikan informasi yang aktual dan akurat
1.2.4 Melayani dengan standar yang sama guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
Indikator Perilaku
1.3 Melakukan perbaikan terus-menerus terhadap kompetensi dan perilaku kerjanya Perwujudan Perilaku
1.3.1 Memperbaiki kualitas layanan secara terus-menerus
1.3.2 Menindaklanjuti setiap kritik dan saran secara konstruktif
1.3.3 Berupaya memperluas wawasan kualitas pelayanan
- Akuntabel
Indikator Perilaku:
2.1 Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas tinggi
Perwujudan Perilaku
2.1.1 Memenuhi janji dan komitmen terkait pekerjaan
2.1.2 Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan
2.1.3 Bertanggung jawab atas hasil kerja yang dilakukan dan bersedia dievaluasi
2.1.4 Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme
Indikator Perilaku
2.2 Memanfaatkan sumber daya satuan pendidikan dengan bertanggung jawab, efektif, dan efisien
Perwujudan Perilaku
2.2.1 Memanfaatkan fasilitas satuan pendidikan sesuai dengan peruntukannya
2.2.2 Mencari cara efisiensi penggunaan sarana prasarana, bahan, dan alat kerja satuan pendidikan
Indikator Perilaku
2.3 Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatannya demi keuntungan pribadi
Perwujudan Perilaku
2.3.1 Menghindari situasi yang menimbulkan konflik kepentingan pribadi
2.3.2 Mengambil keputusan dengan objektif saat terjadi konflik kepentingan
- Kompeten
Indikator Perilaku:
3.1 Melaksanakan peningkatan kompetensi untuk merespon kebutuhan belajar guru dan tenaga kependidikan
Perwujudan Perilaku:
3.1.1 Meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri secara terus-menerus
3.1.2 Berdiskusi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja mencari solusi
Indikator Perilaku:
3.2 Membantu guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja untuk saling belajar
Perwujudan Perilaku:
3.2.1 Memberikan kesempatan kepada guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja untuk menyampaikan pendapat
3.2.2 Membagikan pengetahuan dan pengalaman melalui diskusi dan dialog bersama guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
Indikator Perilaku:
3.3 Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik
Perwujudan Perilaku
3.3.1 Menyusun rencana kerja dan/atau anggaran dengan spesifik dan partisipatif
3.3.2 Melaksanakan rencana kerja dan/atau anggaran sesuai target yang ditetapkan
3.3.3 Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas
- Harmonis
Indikator Perilaku
4.1 Menghargai setiap warga satuan sekolah apapun latar belakangnya
Perwujudan Perilaku
4.1.1 Berlaku adil kepada setiap orang tanpa memandang, kedudukan, jabatan, latar belakang, suku, agama, ras dan jenis kelamin
4.1.2 Menjaga hubungan yang baik dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
4.1.3 Menghormati gagasan yang disampaikan orang lain
Indikator Perilaku
4.2 Memberikan pertolongan bagi warga satuan pendidikan yang memerlukan
Perwujudan Perilaku
4.2.1 Menawarkan solusi kepada warga sekolah dengan responsif
4.2.2 Memberikan solusi dan/atau informasi sesuai kewenangan
Indikator Perilaku
4.3 Membangun lingkungan pembelajaran yang kondusif
Perwujudan Perilaku
4.3.1 Menyelesaikan konflik di antara guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara konstruktif
4.3.2 Berinteraksi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan sopan dan menjunjung tinggi etika
4.3.3 Menghindari diskusi yang berpotensi menimbulkan konflik SARA
- Loyal
Indikator Perilaku
5.1 Memegang teguh moral dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku
Perwujudan Perilaku
5.1.1 Menghindari tindakan, ucapan, perbuatan yang menjurus pada perpecahan
5.1.2 Menyebarkan informasi yang mendukung transformasi pembelajaran
5.1.3 Mencegah situasi yang mengancam integritas satuan pendidikan
Indikator Perilaku
5.2 Menjaga nama baik satuan pendidikan, guru, tenaga kependidikan dan peserta didik dimanapun berada
Perwujudan Perilaku
5.2.1 Bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra satuan pendidikan
5.2.2 Melaksanakan arahan atasan yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku
5.2.3 Menyebarkan informasi positif tentang transformasi pembelajaran
Indikator Perilaku
5.3 Menjaga informasi yang bersifat sensitif dan berpotensi merugikan peserta didik dan satuan pendidikan
Perwujudan Perilaku
5.3.1 Menyimpan informasi sensitif dengan cara dan pada tempat yang aman
5.3.2 Membagikan informasi sensitif hanya kepada pihak yang berwenang
5.3.3 Mencegah situasi yang mengancam keamanan peserta didik dan satuan pendidikan
- Adaptif
Indikator Perilaku
6.1 Menyesuaikan diri secara cepat dalam menghadapi dinamika masyarakat
Perwujudan Perilaku
6.1.1 Menyesuaikan diri di berbagai lingkungan kerja
6.1.2 Beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan
6.1.3 Menguasai dinamika perkembangan teknologi
Indikator Perilaku
6.2 Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas untuk memajukan satuan pendidikan
Perwujudan Perilaku
6.2.1 Menyampaikan ide dan gagasan untuk kemajuan satuan pendidikan dengan berani
6.2.2 Membuat inovasi yang mendukung tujuan satuan pendidikan secara konsisten
6.2.3 Mengantisipasi permasalahan yang terjadi dengan kritis
6.2.4 Menjalankan sistem kerja yang berbasis teknologi informasi
Indikator Perilaku
6.3 Berpikir proaktif untuk mengembangkan diri, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
Perwujudan Perilaku
6.3.1 Mengidentifikasi potensi masalah dan solusinya
6.3.2 Menunjukkan keingintahuan yang tinggi terhadap hal baru
6.3.3 Memanfaatkan peluang untuk menghasilkan hal yang lebih baik
- Kolaboratif
Indikator Perilaku
7.1 Memberi kesempatan kepada warga satuan pendidikan dan masyarakat atau dunia kerja untuk berkontribusi bagi tujuan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
Perwujudan Perilaku
7.1.1 Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan tugas
7.1.2 Memuji keunggulan dan prestasi orang lain
7.1.3 Membagi tugas, tanggung jawab, hak dan kewajiban kepada guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara proporsional
Indikator Perilaku
7.2 Bekerja sama secara terbuka dalam menghasilkan dampak pembelajaran yang merata bagi peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
Perwujudan Perilaku
7.2.1 Mengajukan diri secara sukarela untuk terlibat dalam kegiatan yang mendukung peningkatan pembelajaran
7.2.2 Bersinergi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dalam menyelesaikan tugas
7.2.3 Mengakui saat berbuat kesalahan
Indikator Perilaku
7.3 Menggerakkan pemanfaatan sumber daya satuan pendidikan untuk pencapaian visi dan misi satuan pendidikan
Perwujudan Perilaku
7.3.1 Mendorong guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja untuk dapat terlibat aktif dalam pencapaian tujuan satuan pendidikan
7.3.2 Membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
7.3.3 Mengoptimalkan sumber daya yang mendukung pencapaian kinerja satuan pendidikan.
Post a Comment for "Indikator dan Perwujudan Perilaku Kerja BERAKHLAK"
Post a Comment