Contoh Refleksi Tindak Lanjut Indikator Aktiviitas Interaktif


Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, langkah selanjutnya adalah mengisi dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi. Ini dapat dilakukan dengan mengklik ‘Isi Dokumen’ pada platform PMM. Dalam kegiatan ini, guru akan menjawab beberapa pertanyaan terkait langkah-langkah yang akan diambil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil observasi.

Persiapan Sebelum Pengisian Dokumen

Sebelum mengisi dokumen tindak lanjut, dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah. Diskusi ini akan memudahkan dalam proses pengisian dokumen dan memastikan semua aspek penting sudah dipertimbangkan.

Contoh Pengisian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas

Indikator: Aktiviitas Interaktif

1. Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?

contoh inspirasi:

  • Setelah pelaksanaan observasi kelas dan diskusi tindak lanjut saya mendapatkan inspirasi bahwa pertanyaan pemantik menjadi kunci dalam proses stimulasi diskusi kelompok. Pertanyaan pemantik yang diberikan guru harus mampu menstimulasi proses berpikir kritis dan interaksi peserta didik.
  • Dalam proses diskusi, guru hendaknya berkeliling untuk memberikan bimbingan/bantuan/scafol ding bagi semua peserta didik yang membutuhkan bantuan dalam belajar (inklusif).
  • Dalam pembentukan kelompok, guru dan peserta didik dapat berdiskusi menentukan peran dalam kelompok, seperti: juru bicara kelompok, penulis, fasilitator, dan lainnya. Hal ini agar semua peserta didik dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran.

2. Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Jawaban Capaian:

  • Saya merumuskan pertanyaan terbuka yang kontekstual untuk menstimulasi proses diskusi dan berpikir kritis untuk seluruh peserta didik.
  • Saya berkeliling kelas untuk selalu memberikan bimbingan dan bantuan belajar kepada semua peserta didik atau kelompok yang menemui kesulitan dan membutuhkan bantuan belajar
  • Saya mencoba untuk menyediakan berbagai peran dalam kelompok dan memaksimalkan peran peserta didik tersebut, misalnya: presenter atau juru bicara, summarizer atau penulis dan fasilitator.
  • Selain itu, Saya juga lebih aktif berkolaborasi dengan rekan guru dan memperbaiki praktik pembelajaran berdasarkan hasil refleksi.

3. Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?

Jawaban tantangan:

  • Peserta didik menemui kesulitan menganalisis dan menafsirkan tanggapan, jawaban terbuka tidak mudah diukur, sehingga lebih sulit untuk diproses dan diringkas.
  • Kegiatan diskusi kelompok yang menstimulasi proses berpikir kritis, interaksi dan inklusif lebih membutuhkan waktu yang lama.
  • Terkadang ditemukan bahwa masih ada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran meskipun sudah diberikan peran dalam kelompok.

4. Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?

Jawaban Upaya Perbaikan:

  • Berlatih dan mengikuti kegiatan Kombel atau diskusi berkaitan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan pemantik yang menstimulasi proses berpikir kritis.
  • Membuat panduan dalam proses diskusi kelompok
  • Menyediakan peran yang beragam dan sesuai dengan minat dan potensi peserta didik.
  • Memberikan pendampingan belajar dan menerapkan tutor sebaya
  • Melakukan manajemen pengelolaan waktu (time keeper saat proses diskusi)
  • Untuk mengisi form pada Pilihan Belajar dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) anda dapat mengisikan sesuai dengan kondisi yang anda hadapi anda rekomendasi atasan.

Berikut File contoh dokumen refleksi tindak lanjut indikator "Instruksi Pembelajaran":

Berikut File Referensi Bukti dukung Pengelolaan Kinerja bagi Guru dan Kepala Sekolah:

Post a Comment for "Contoh Refleksi Tindak Lanjut Indikator Aktiviitas Interaktif"