Contoh Refleksi Tindak Lanjut Indikator Umpan Balik Konstruktif


Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, langkah selanjutnya adalah mengisi dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi. Ini dapat dilakukan dengan mengklik ‘Isi Dokumen’ pada platform PMM. Dalam kegiatan ini, guru akan menjawab beberapa pertanyaan terkait langkah-langkah yang akan diambil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil observasi.

Persiapan Sebelum Pengisian Dokumen

Sebelum mengisi dokumen tindak lanjut, dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah. Diskusi ini akan memudahkan dalam proses pengisian dokumen dan memastikan semua aspek penting sudah dipertimbangkan.

Contoh Pengisian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas

Indikator: Umpan Balik Konstruktif

1. Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?

contoh inspirasi:

  • Pemberian umpan balik konstruktif merupakan aktivitas menganalisis hal baik dan hal yang perlu ditingkatkan dalam performa peserta didik sehingga dapat mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan.
  • Guru harus memberi umpan balik dengan menyebut secara spesifik bagian tugas yang dinilai bagus atau yang memerlukan perbaikan.
  • Selain itu, guru dapat menghubungkan umpan balik dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, guru juga harus menggunakan pertanyaan pemantik yang dapat membantu peserta didik.Guru tidak diperkenankan untuk memberikan umpan balik dengan kata-kata yang terlalu umum, menyebabkan peserta didik tidak memahami maksud dari umpan balik yang diberikan
  • Guru juga tidak boleh memberikan umpan balik negatif tanpa membantu peserta didik menemukan ide perbaikan.

2. Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Jawaban Capaian:

  • Saya telah memberikan umpan balik yang konstruktif secara berkala sesuai dengan kondisi peserta didik, berbasis bukti, mengutamakan manfaat dan solusi.
  • Umpan balik saya berikan segera setelah peserta didik menyelesaikan tugas/atau aktivitas pembelajaran, sehingga dapat lebih mendetail dan terfokus
  • Saya mengajukan pertanyaan-pertanyaan tertentu berkaitan dengan pencapaian peserta didik dalam memberikan umpan balik
  • Saya membantu peserta didik untuk merefleksikan usaha yang dilakukan tanpa mematahkkan semangat
  • Saya melakukan pemberian umpan balik kepada semua peserta didik sehingga performa mereka meningkat dan termotivasi dalam pembelajaran

3. Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?

Jawaban tantangan:

  • Memastikan penerimaan dan respons peserta didik, Jika umpan balik atau feedforward tidak diterima atau ditanggapi dengan baik hal ini akan menghambat proses pembela jaran.
  • Menemukan waktu dan frekuensi yang tepat untuk menyampaikan kepada peserta didik sehingga umpan balik tersebut tidak hanya menjadi feedback tetapi juga feedforward.
  • Memilih konten dan nada yang tepat untuk menyampaikannya, Jika umpan balik atau umpan balik terlalu kabur, terlalu spesifik. terlalu positif, atau terlalu negatif, maka hal tersebut dapat gagal mengkomunikasikan pesan dan dampak yang dinginkan atau bahkan menyebabkan kerugian.

4. Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?

Jawaban Upaya Perbaikan:

  • Memperjelas tujuan dan memilih waktu dan frekuensi harapan dari umpan balik umpan balik dan umpan balik yang dan masukan secara tepat.
  • Memberikan umpan tersebut selaras dengan memastikan bahwa hal balik dan umpan balik yang tujuan dan hasil spesifik pembelajaran.
  • Untuk mengisi form pada Pilihan Belajar dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) anda dapat mengisikan sesuai dengan kondisi yang anda hadapi anda rekomendasi atasan.

Berikut File contoh dokumen refleksi tindak lanjut indikator "Instruksi Pembelajaran":

Berikut File Referensi Bukti dukung Pengelolaan Kinerja bagi Guru dan Kepala Sekolah:


Post a Comment for "Contoh Refleksi Tindak Lanjut Indikator Umpan Balik Konstruktif"