Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional


Assalamu Alaikum Wr. Wb. Salam dan Bahagia
Pada kesempatan ini saya Sulaiman Calon Guru Penggerak angkatan 7 dari SD Negeri 2 Buga Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi tengah, disini saya akan menuliskan tentang Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2  pembelajaran sosial emosional (PSE). Jurnal refleksi Dwi Mingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan. Jurnal dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak. Dalam pembuatan jurnal refleksi ini, saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).4F dapat diterjemahkan menjadi 4P Facts (Peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan), yang digunakan sebagai panduan dalam melakukan refleksi.



Facts (Peristiwa)

Modul 2.2 dilaksanakan pada hari selasa, 28 Februari 2023. Setelah saya mempelajari Modul 2.2 ini Pembelajaran Sosial Emosional dengan mengikuti alur MERDEKA, yakni ini dari mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan sampai pada aksi nyata, saya telah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran sosial dan emosional di kelas, tanpa saya sadari ternyata saya sudah menerapakan PSE di kelas cuma belum maksimal dan terorganisir dengan baik. ternyata pembelajaran sosial dan emosional ini sangat penting dan bermanfaat bukan bagi saya saja tetapi murid dan warga sekolah. Pembelajaran sosial dan emosional merupakan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif bagi seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi sebenarnya memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional. PSE berbasis kesadaran penuh (Mindfulness) dan Well-Being merupakan latihan kesadaran penuh dalam kondisi nyaman, sehat, dan bahagia. Dalam PSE melahirkan 5 Kompetensi Sosial Emosional (KSE) yaitu; Kesadaran diri, Pengelolaan diri, Kesadaran sosial, Keterampilan relasi, dan Pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab.Saya telah melaksanakan aksi nyata sebagai implementasi pemahaman saya dalam mempelajari pembelajaran sosial dan emosional yang diintegrasikan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. salah satunya menumbuhkan kesadaran diri dan manajemen diri, saya menyapa dengan hangat, dengan penampilan wajah mempesona, Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, guru dengan peserta didik latihan bernapas dengan kesadaran penuh (mindfulness), mengambil jeda secara fisik dan mental dengan latihan teknik STOP,  meminta murid-murid untuk mengambil salah satu kartu emoji yang menggambarkan perasaan masing-masing murid selama melakukan perjalanan dari rumah ke sekolah, menonton video motivasi diri, memberikan berbincang-bincanag kepada teman sebangku/teman lainnya tentang video motivasi diri, memberikan kesempatan bertanya terbuka tentang apa yang diketahui/dialami murid dan membagikannya dapat membangun emosi positif, mengajak murid ice breaking bersama.

Berikut ini tugas modul 2.2 yang saya unggah di LMS:
  • Mulai dari Diri 
Alur pertama yaitu Mulai dari Diri - Modul 2.2. saya dokumentasikan di fliphtml dengan tautan: 
  • Eksplorasi Konsep
Pada alur eksplorasi konsep saya belajar secara mandiri melalui materi-materi yang disajikan dalam forum LMS, peserta CGP juga diminta untuk menganalisis lima kasus yang disediakan dan saling menuliskan komentar pada forum diskusi daring.
  • Ruang Kolaborasi
Pada alur ketiga yaitu ruang kolaborasi yang dibagi menjadi dua sesi. Hasil dari diskusi ruang Kolaborasi kelompok saya bisa dilihat tautan: https://online.fliphtml5.com/rbatd/hroa/ 
  • Demonstrasi Kontekstual
Pada alur keempat yaitu Demonstrasi kontekstual saya mendapatkan tugas membuat RPP dengan memasukan pembelajaran sosial dan emosional yang saya buat dapat diakses melalui tautan: 
  • Elaborasi Pemahaman
Pada alur kelima, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 2.2. Beberapa pertanyaan yang akan menguatkan pemahaman saya akan materi konsep di Modul 2.2. ini adalah: “bagaimana strategi memilih teknik menentukan kompetensi sosial dan emosional? pemahaman menentukan teknik yang tepat penting untuk langkah awal terciptanya KSE”.
  • Koneksi Antar-Materi
Pada alur keenam yaitu koneksi antar materi modul 2.2 saya buat simpulan dalam fliphtml yang bisa diakses melalui tautan: https://online.fliphtml5.com/rbatd/buuf/
  • Aksi Nyata
Pada alur ketujuh yaitu Aksi nyata,  Di aksi nyata ini saya melakukan praktik mengajar pada waktu pendampingan keempat oleh PP. saya mengajarkan pada materi matematika tentang bangun ruang limas di kelas 6 SD

Feeling (perasaan)

Saya merasa sedikit lebih bahagia dan nyaman dapat menerapkan pembelajaran sosial dan emosional di kelas. jujur perasaan saya ini masih sedikit karena dalam proses belajar 5 KSE dan tidak semudah disulap langsung berubah total, tapi sedikit demi sedikit pasti akan perubahan, kebiasaan perlu dirubah dengan kebiasaan. dalam situasi di kelas belum maksimal pengelolaannya seperti apa yang kita harapkan atau rencanakan dalam RPP berbasis PSE yang kita buat. saya perlu waktu untuk lebih baik lagi dan juga kolaboratif seluruh warga sekolah.

Findings (pembelajaran)

Alhamdulillah, pelajaran yang bermanfaat bagi saya  yakni mengendalikan emosi (kesadaran diri), mengelola emosi (manajamen diri)l, saya terus banyak belajar dan membangun kepercayaan diri, saya harus mampu mengelola emosi (marah, benci, tidak sayang, dll). saya belajar juga menghargai perbedaan murid (kesadaran sosial), keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertangggung jawab.

Future (penerapan)

Kedepannya saya akan terus menerapkan pembelajaran sosial dan emosioanl di kelas dan di sekolah, mengajak rekan sejawat untuk bersama-sama belajar dan menerapkan pembelajaran sosial dan emosional ini secara kolaboratif.

Demikian jurnal refleksi dwi mingguan modul 2.2 pembelajaran sosial dan emosional saya sebagai Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Semoga bermanfaat. Salam Guru Penggerak! dan Jangan Lupa bahagia

Post a Comment for "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional"