Mulai dari Diri Modul 1.1 Refleksi Filosofi Ki Hajar Dewantara
Table of Contents
Dalam proses Pendidikan Guru Penggerak, calon guru penggerak harus melalui tahap M-E-R-D-E-K-A di setiap sub-modul. Tahap M-E-R-D-E-K-A dimulai dengan tahap Mulai dari Diri, yang merupakan kegiatan pembuka dari seluruh rangkaian materi belajar. Pada tahap ini, CGP melakukan refleksi diri sejauh mana CGP mengenal dan memahami Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD). CGP akan berdialog dengan diri sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan peran sebagai pendidik.
Tahap Mulai dari Diri dimulai dengan mengingat kembali pengalaman ketika bersekolah sebagai pemantik proses refleksi tersebut. Jawaban pertanyaan berikut tidak perlu ditulis namun tetap perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh.
- Pengalaman apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)
- Peristiwa apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?
- Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda?
- Apa pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut?
- Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang Anda ampu?
Selanjutnya, Anda diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia di bawah terkait pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD).
1. Tulisan Reflektif Kritis
Buatlah sebuah tulisan reflektif kritis dengan jumlah minimum 300 kata dan maksimum 500 kata dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan yang telah disediakan. Pertanyaan panduan tulisan reflektif kritis Anda terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD:
- Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
- Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
- Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
*) Maknai dan hayati pilihan Anda menjadi guru dalam menuliskan tulisan reflektif-kritis. Hindari perihal teknis seperti tidak tersedianya buku ajar bagi murid, masih berstatus guru honorer dsb-nya. Fokus pada pilihan Anda menjadi guru.
2. Harapan dan Ekspektasi
Ungkapkan Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran pada modul ini.
- Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
- Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
- Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Refleksi Diri tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Flipbook: 1.1.a.3 Mulai dari diri Modul 1.1 Refleksi diri
Reflektif Kritis
1. Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
Jawban: yang saya ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran adalah Tidak ada keabadian dalam kehidupan manusia dan lingkungannya. Pengaruh alam dan zaman adalah penguasa kodrat yang tidak bisa dihindari oleh manusia. Anak-anak adalah sebuah kehidupan yang akan tumbuh menurut kodratnya sendiri, yaitu kekuatan hidup lahir dan hidup batin mereka (Dewantara I,2004). Maka, Ki Hadjar menekankan arti penting memperhatikan kodrat alam dalam diri anak semasa pendidikan. Artinya Pendidikan itu sudah setua usia manusia ketika manusia mulai bertahan hidup dan mempertahankan hidup dengan membangun peradabannya. Mendidik anak itu sama dengan mendidik masyarakat karena anak itu bagian dari masyarakat. Mendidik anak berarti mempersiapkan masa depan anak untuk berkehidupan lebih baik, demikian pula dengan mendidik masyarakat berarti mendidik bangsa ( Dewantara I, 2004)
2. Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
Jawaban: melalui pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) seharusnya kita bisa memberikan pendidikan yang memerdekakan bagi peserta didik, guru dan sekolah dari hal-hal yang menghambat proses kemajuan di dunia pendidikan kita.
3. Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
Jawaban: selama ini belum, masih banyak hal yang harus saya pelajari dan gali lagi, karena saat ini guru masih terbelenggu dalam berbagai permasalahan administrasi mengajar dan administrasi kelas di sekolah dan tidak fokus dalam memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik.
Harapan dan Ekspektasi:
1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Jawaban: saya berharap konsep merdeka belajar bisa di terapkan di sekolah, khususnya bagi guru dan peserta didik yang selama ini terbelenggu dengan berbagai permasalahan. Guru tidak lagi disibukan dengan banyak administrasi yang begitu memakan waktu, tenaga dan pemikiran. Guru bisa dengan bebas menentukan cara mereka membimbing peserta didik sesuai dengan pemikiran ki hajar dewatara (KHD).
2. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
Jawaban: Peserta didik diharapkan lebih bisa mengekplorasi diri dengan cara bernalar dan berpikir kritis sehingga tidak lagi belajar monoton dengan metode ceramah yang hanya terpusat guru.
3. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Jawaban: kegiatan memahami konsep pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) saya butuh waktu pelajari lebih dalam lagi karena materi ini belum begitu saya kuasai. Dengan memahami konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) saya mendapatkan tambahan pengetahuan baru mengenai pendidikan dan hakikat mendidik yang sesungguhnya.
Post a Comment