Halo, Sahabat Rumah Belajar! Apa kabar hari ini? saya doakan semoga sahabat tetap sehat selalu.
Bagaimana keseharian sahabat belakangan ini? Apa sahabat masih belajar di rumah? Mudah-mudahan, masa pandemi COVID-19 ini segera berakhir ya, Sahabat!
Sulaiman Tolis Kali ini berbagi kepada sahabat rumah belajar, lebih dekat mengenal fitur-fitur Portal Rumah Belajar dan juga fitur terbaru di tahun 2021 ini.
Apa Itu Rumah Belajar?
Sahabat Rumah Belajar, kalau sahabat sedang cari tempat atau aplikasi belajar online yang gratis, terpercaya dan tanpa iklan yang mengganggu saat menggunakannya, sahabat bisa akses laman Kemendikbud, yakni Rumah Belajar.
Rumah Belajar merupakan Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.
Nah, sekarang yuk! Sahabat, kita bersama-sama mengenal Fitur- fitur di dalam Rumah Belajar.
Dalam Portal Rumah Belajar ini ada dua kategori yakni Fitur Utama dan Fitur Pendukung Rumah Belajar. Ada 4 Fitur Utama Rumah Belajar: Sumber Belajar, Kelas Maya, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Sedangkan Fitur Pendukung Rumah Belajar ada 8 yakni Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Blog Pena, EduGame dan yang terbaru tahun ini adalah Augmented Reality.
Fitur Utama Rumah Belajar
1. Sumber Belajar
Sumber belajar adalah salahsatu fitur pada portal Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id) yang menyediakan berbagai macam konten pembelajaran dengan media yang beragam seperti video, audio, laman interaktif yang diperuntukkan bagi guru dan peserta didik disemua jenjang pendidikan mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMKdan sederajat.
Sumber Belajar sebagai salah satu fitur dari Rumah Belajar memiliki beberapa keistimewaan, antara lain:
- Sumber pembelajaran terbuka (Open Educational Resources) yang dapat diakses oleh siapasaja
- Tampilan menarik dan isi konten variatif mulai dari gambar, audio, video, animasi, simulasi, dangim.
- Tersedia untuk semua jenjang pendidikan
- Dapat dimanfaatkan secara online maupun offfine
- Dapat diakses secara mudah melalui PC, Lapot p, maupun Smartphone (tersedia di Playstore)
Fitur Sumber belajar tersedia dalam konten audio dan video serta konten web. Ada 5.126 konten sumber belajar sebagai bahan belajar digital yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh guru, peserta didik maupun umum.
Konten Video di Sumber Belajar
Konten WEB di Sumber Belajar
Konten Audio di Sumber Belajar
Manfaat Sumber Belajar
Bagi Guru:
- Memanfaatkan konten Sumber Belajar untuk mendukung aktivitas pembelajaran baik secara daring maupun luring misalnya sebagai bahan apersepsi dan stimulus di awal pembelajaran, media presentasi materi pembelajaran, bahan diskusi dan bahan ajar bagi peserta didik dikelas nyata maupun maya.
- Memanfaatkan fitur Sumber Belajar sebagai materi pergayaan bagi peserta didik
Bagi Peserta Didik:
- Menggunakan fitur Sumber Belajar sebagai referensi mencari materi pembelajaran
- Menggunakan sumber belajar untuk mendukurg aktivi1as pembelajaran sesuai petunjuk guru misalnya sebagai bahan diskusi kelompok dalam mengolah informasi
- Memanfaatkan konten Sumber Belajar untuk membantu dalam mengerjakan tugas atau lembar kerja yang diberikan oleh guru
- Menjadikan Sumber Belajar sebagai bahan belajar secara mandiri dirumah
2. Bank Soal
Bank Soal adalah adalah salahsatu fitur utama diportal Rumah Belajaryang terdiri dari kumpulan soal latihan, ulangan dan ujian yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi belajar peserta didik. Bank Soal menyediakan bahan evaluasi untuk jenjang pendidikan SD/SMP/SMA/SMK dan SLB
Setiap guru mata pelajaran diberbagai jenjang dan tingkat dapat menyusun evaluasi hasil belajar yang tersedia pada fitur Bank Soal yakni berupa latihan, ulangan, dan ujian sesuai dengan materi topik pembelajaran yang diinginkan.
Peserta didik juga dapat mengakses semua butir soalsecara gratis dan mudah. Dalam durasi yang telah ditentuka,npeserta didik dapat mengerjakan soal-soal berbentuk pilihan ganda. Diakhir sesi pengerjaan, peserta didik dapat melihat skor (nilai) dan jawaban serta pembahasan dari masing-masing butir soal tersebut.
Manfaat Bank Soal:
- Dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pendidik dapat menggunakan Bank Saal pada bagian kegiatan inti dan kegiatan penutup.
- Pada kegiatan inti (proses mengumpulkan informasi,)Bank Soal menjadi sumberevaluasi pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dimana didalam LKPD tersebut Peserta Didik akandiberikan alamat ataulink menuju Bank Saal.
- Pada kegiatan akhir pada proses Belajar Dari Rumah (BDR), pendidik melakukan penilaiarv'evaluasi berupa beberapa soal pilihan ganda atau essai untuk mengetahui tingkat pemahaman Peserta Didik terhadap materiltopik yang diberikan.
- Selain dapatdigunakan sebagai bahan penilaiarv'evaluasi belajar peserta didik pada kegiatan akhir dalam kegiatan pembelajraan, Bank Saal juga dapat diformulasikandan digunakan untuk membuat ulangan dari satu topik tertentu atau gabungan beberapa topik pembelajaran, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
3. Kelas Maya
Kelas Maya merupakan salah satu fitur dalam portal Rumah Belajar yang bisa dimanfaatkan untuk menyelenggarakan aktivitas belajarjarakjauh.Kelas Maya memungkinkan pembelajaran dilakukan secaraterstruktur meskipun tidak melaksanakan pertemuan tatap muka.
Aktivitas dalam Kelas Maya mengedepankan kemandirian belajar peserta didik dalam bentuk:
- Belajar melalui modul dan beragam media
- Berdiskusi
- Mengerjakan tugas
- Evaluasi pembelajaran
lnteraksi belajar bisa berlangsung secara sinkronus maupun asinkronus. Meskipun membutuhkan internet, tapi aktivitas BDR melalui Kelas Maya ini dapat dilakukan secara daring (online) serta luring (offline).
Pemanfaatan Kelas Maya mempermudah guru untuk mengelola portofolio hasil belajar peserta didik, serta orang tua dalam menclampingi peserta didik dalam BDR.
Untuk mengetahui pengalaman penggunaan Kelas Maya, simak contoh pemanfaatan Kelas Maya berikut ini:
4. Laboratorium Maya
Laboratorium Maya pada portal Rumah Belajar Kemdikbud merupakan software komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan modeling peralatan komputer secara matematis yang disajikan melalui sebuah simulasi. Dengan kata lain, laboratorium virtual atau maya merupakan bentuk tiruan dari sebuah laboratorium riil yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran ataupun penelitian secara ilmiah guna menekankan sebuah konsep atau mendalami sebuah konsep-konsep tertentu.
Laboratorium Maya diperlukan untuk memperkuat pemahaman konsep dalam proses pembelajaran. Laboratorium Maya bukanlah pengganti tetapi bagian dari Laboratorium riil yang digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada. Disamping itu dimungkinkan pula bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki laboratorium secara fisik dapat menerapkan Laboratorium Maya.
Fitur Laboratorium Maya memiliki beberapa keunggulan yaitu melengkapi sumber belajar peserta didik, sebagai bentuk pengintegrasian dari pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, namun demikian Laboratorium Maya bukanlah pengganti tetapi bagian dari laboratorium riil yang digunakan untuk melengkapi danmemperbaiki kelemahan-kelemahanyangada; memiliki kemampuan modeling dan simulasi yang memungkinkan untuk memperjelas konsep.
Simulasi dalam Laboratorium Maya merupakan program komputer yang mereproduksi fenomena alam melalui visualisasi dari sebuah model.
Simulasi dapat:
- membantu peserta didik dalam mempelajari model fenomena alam dalam dunia nyata yang memiliki perilaku sistem kompleks,
- membantu peserta didik untuk memahami dunia konseptual dari ilmu pengetahuan melalui animasi, yang dapat meningkatkan pemahaman dari konsep ilmiah yang abstrak. Laboratorium Maya dapat dibuka melalui jaringan internet dengan cara mengetikan alamat: belajar.kemdikbud.go.id pada Web Browser.
Simulasi pada Laboratorium Maya dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan banyak kebebasan pada siswa. Mereka dapat memanipulasi variabel-variabel yang berkaitan dengan eksperimen yang sedang dilakukan dan sekaligus dapat melihat bagaimana pengaruh perubahan suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan lainnya dari Laboratorium Maya ialah untuk memberikan hand on laboratory activity atau pengembangan skill.
Tahapan Pemanfaatan Laboratorium Maya
Fitur Pendukung Rumah Belajar
1. BSE (Buku Sekolah Elektronik)
BSE adalah Buku Sekolah Elektronik salah satu fitur di platform Rumah Belajar yang menyajikan konten buku digital atau e-book, yang dapat dibaca secara online bagi pengguna yang memiliki koneksi internet melimpah. Bagi pengguna yang memiliki keterbatasan koneksi internet dapat mengunduh BSE, kemudian dibaca secara offline.
Konten fitur BSE berupa buku digital dari buku-buku sekolah berdasarkan kurikulum (untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK) dalam format pdf.
Fitur BSE tersedia dalam konten berupa pdf yang berisikan konten buku dari sekolah-sekolah:
2. Karya Bahasa dan Sastra
Menyediakan buku-buku digital (e-book) mengenai bahasa dan sastra untuk jenjang pendidikan SD/Ml, SMP/MTs, SMA/MA dengan kategori prosa, puisi dan literatur yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung lrterasi teknologi (tedlnology lrteracy) atau lrterasidigital, dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
3. Peta Budaya
Fitur Peta Budaya merupakan salah satu layanan fitur yang tersedia di dalam portal Rumah Belajar, Layanan fitur Peta Budaya tersebut diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dan guru di sekolah maupun masyarakat yang ingin mengetahui keanekaragaman budaya Indonesia.
Materi yang terdapat di fitur Peta Budaya dapat dimanfaatkan pada semua jenjang pendidikan, dimana cara dan strategi penyampaian ataupun pemanfaatan yang akan mungkin berbeda-beda pada semua jenjang dimana guru sebagai Pendidik yang akan mengatur strategi pembelajaran di sekolah. Layanan ini akan memberikan alternatif media pembelajaran tentang kebudayaan Indonesia yang sesuai dengan tuntutan perkembangan TIK.
Saat ini media pembelajaran berbasis web yang berbahasa Indonesia dalam dunia pendidikan Indonesia masih terbatas jumlah konten yang mengagkat tentang budaya dan cagar budaya.
Peta Budaya memiliki fungsi yang strategis dalam pembelajaran, yaitu:
- Meningkatkan produktivitas pembelajaran tentang kebudayaan yang kita miliki,
- Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya individual (mandiri) ,
- Memberikan dasar yang lebih ilmiah dan menarik terhadap pembelajaran kebudayaan
- Memungkinkan belajar secara seketika yaitu mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang konkret, serta memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung, dan
- Meningkatkan nasionalisme dan kecintaan terhadap keanerkaagaman budaya serta berperan aktif dalam melestarikannya.
4. Wahana Jelajah Angkasa
Fitur Wahana Jelajah Angkasa adalah tur virtual dengan medan turnya adalah luar angkasa. Fitur ini memanfaatkan program Worldwide Telescope (WWT) dengan bahasa pengoperasian utamanya disajikan dalam Bahasa Inggris. Penggunaannya mudah dan praktis.
Pada tampilan awal fitur, pengguna akan ditawarkan pilihan untuk mengikuti langkah-langkah tutorial yang sangat jelas dan terperinci dari program itu sendiri mengenai fungsi dan makna dari setiap menu dan konten yang tersedia di fitur ini.
Tampilan yang menarik dan dinamis menjadikan pengalaman tur virtual ini seolah nyata dan dekat. Kegiatan tur virtual ini dilakukan secara real-time, artinya tampilan objek angkasa yang sedang diamati oleh pengguna adalah tampilan yang diambil pada saat yang sama (bukan foto atau koleksi lama).
5. EduGame
Edugame adalah salah satu fitur pendukung rumah belajar yang mengasyikkan. Sambil belajar, siswa dapat bermain game edukatif yang penting untuk pendidikan akademisnya.
Edugame menyediakan berbagai game interaktif yang dapat dimainkan oleh siswa, baik secara mandiri atau dengan bimbingan guru serta Ayah dan Bunda.
Jangan main-main, game dari aplikasi Rumah Belajar ini sudah didesain untuk bisa membantu anak mengerti konsep dasar dari materi yang disuguhkan.
6. PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Fitur PKB dikembangkan sebagai wadah bagi penyelenggara diklat untuk memberikan layanan peningkatan kualitas SDM, dalam bentuk diklat secara online. Diklat secara online ini diharapkan dapat mengatasi keterbatasan anggaran yang dimiliki instansi penyelenggara diklat untuk meningkatkan kualitas SDMnya.
Melalui fitur PKB ini penyeleggara diklat dapat membuka kelas-kelas diklat, baik teknis maupun non teknis, dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Agar dapat memanfaatkan fitur PKB ini, penyelenggara diklat harus mendaftar sebagai penyelenggara dengan mengakses alamat
7. Blog PENA
8. Augmented Reality (Terbaru 2021)
Konten pembelajaran Augmented Reality merupakan media pembelajaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melihat obyek-obyek 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.
Konten pembelajaran Augmented Reality (AR) yang dikembangkan oleh Pusdatin diharapkan mampu menjadi media pembelajaran alternatif dengan menghadirkan obyek tambahan berupa teks, suara, gambar, video, obyek 2 Dimensi maupun 3 Dimensi. Konten pembelajaran AR yang tersedia di portal Rumah Belajar dikembangkan dari materi-materi instruksional sesuai dengan kurikulum pada jenjang Pendidikan dari PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.
Menghadirkan obyek sebagai realitas tertambah yang terdapat dalam aplikasi AR tentunya akan mempermudah bagi para pengguna untuk memahami sebuah konsep dari materi yang dikembangkan. Pemanfaatan konten pembelajaran AR bisa menggunakan gawai pintar (smartphone) maupun Tablet yang nantinya digunakan untuk melihat dan mengamati obyek dari marker yang telah disediakan. Nikmati konten pembelajaran AR dari portal Rumah Belajar dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun.
Petunjuk:
Penggunaan konten pembelajaran pada fitur Augmented Reality ini sangat mudah. Silahkan unduh dua bagian konten AR berupa file APK pada bagian ‘Install’ dan Marker sebagai alat bantu untuk melihat obyek pada bagian “Marker”. Pasang (install) file APK yang sudah didownload pada gawai pintar (Smartphone) lalu gunakanlah aplikasi pada gawai pintar untuk memunculkan obyek dari marker yang sudah disediakan dengan fasilitas scan pada aplikasi. Selamat mencoba !!!
Itulah, informasi tentang fitur-fitur utama dan pendukung di Portal Rumah Belajar. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.
Post a Comment for "Yuk Kenali Fitur-Fitur di dalam Portal Rumah Belajar"
Post a Comment